Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan berasal dari pustaka dalam bahasa Jawa Kawi yang berarti buku, naskah, karya tulis. Perpustakaan berarti dibukukan, ditulis. Pustaka mendapat awalan per dan akhiran an yang berarti tempat atau kumpulan.

Perpustakaan dalam bahasa inggris disebut library, yang berasal dari kata liber atau libri (latin) yang berarti kulit dari batang pohon dibawah kulit luar, kitab atau risalah. Veterum libri adalah kitab-kitab klasik.

Banyak pendapat tentang perpustakaan atau library, tetapi dalam prinsipnya mempunyai arti yang sama. Dalam Encyclopedia

Britania, dijelaskan bahwa : “Library is a collection of printed or written literature”. Perpustakaan adalah koleksi buku-buku, baik yang dicetak atau dala bentuk tulisan. Dalam Encyclopedia Americana, dijelaskan bahwa: “A Library : collection of books, called by various names in various languages”. Perpuatakaan adalah kumpulan buku-buku yang terdiri dari bermacam-macam nama dan ditulis dalam bermacam-macam bahasa.

Dengan demikian, bukan sembarang kumpulan buku dapat kita sebut  perpustakaan, dan bukan sembarang tempat pengumpulan buku kita sebut perpustakaan. Namun kumpulan buku dan bahan pustaka lainnya itu harus diatur dan disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan yang mempunyai tujuan tertentu. Bahan pustaka berupa buku, naskah, gambar, foto, slide, film, rontal, dan sebagainya.

About anandaamin

usaha berdo'a dan tawakal memberi dan tdk mengharap menerima

Posted on Juni 5, 2012, in bidang - bidang manajemen layanan khusus, layanan perpustakaan sekolah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: