Fungsi Perpustakaan

Peter Platt dalam bukunya “Libraries n colleges of Education” mengatakan bahwa fungsi perpustakaan adalah :

  1. Menyediakan buku, majalah, dan bahan lain yang diperlukan oleh para siswa atau mahasiswa untuk kegiatan belajar.
  2. Menyediakan bahan penunjang dalam pengajaran dan penelitian oleh pengajar untuk mata pelajaran yang diajarkannya.
  3. Memenuhi keperluan yang lebih khusus yang disebabkan oleh kekhususan perguruan tinggi, bahan yang diperlukan mahasiswa dalam praktek keguruan dan penelitian.
  4. Menyediakan bahan bacaan seperti buku dan majalah yang sifatnya lebih luas untuk mengembangkan hoby dan bahan hiburan.
  5. Membantu mahasiswa berkenalan dengan literature anak-anak serta memberikan pengarahan dalam pengembangan perpustakaan sekolah.
  6. Membantu mahasiswa untuk keperluannya memperoleh informasi tentang daerah, statistik, alamat serta bahan yang mereka perlukan.
  7. Sebagai penghubung dengan perpustakaan lain.
  8.  Member kesempatan kepada mahasiswa agar dapat berlatih menggunakan buku perpustakaan sebagai modal dalam melaksanakan tugasnya.
  9. Membuat buku pedoman perpustakaan, daftar bacaan untuk mata kuliah tertentu dan mengadakan pameran koleksi perpustakaan.

 

Perpustakaan memiliki fungsi lain yaitu fungsi rekreatif yang dikemukakan oleh Zainudin HRL dalam pedoman pemanfaatan perpustakaan perguruan tinggi bahwa manfaat perpustakaan bagi mahasiswa dikelompokkan dalam 4 aspek utama :

Aspek Komunikasi atau informatif

  1. Mahasiswa dapat mengambil ide dari berbagai sumber.
  2. Meneimbulkan kepercayaan diri dalam menyerap informasi yang tersedia
  3. Mahasiswa mendapat kesempatan memakai informasi yang tersedia untuk mencapai tujuan
  4. Mahasiswa dapat memecahkan masalah dalam kehidupan melalui informasi.

Aspek Pendidikan

  1. Melalui perpustakaan mahasiswa berkesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan minat secara akademis secara luas, mempertinggi kreatifitas.
  3. Mendorong kecepatan untuk memecahkan masalah yang timbul.
  4. Mempertinggi sikap sosial dan menciptakan masyarakat yang demokratis.

Aspek Kebudayaan

  1. Meningkatkan mutu kehidupan melalui bacaan perpustakaan
  2. Meningkatkan minat terhadap kesenian
  3. Mendorong tumbuhnya kreatifitas seni
  4. Mengembangkan sifat hubungan kemanusiaan yang positif antar bangsa

Aspek Rekseasi

  1. Menggalakkan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani
  2. Memberi kesempatan untuk mengembangkan minat rekreasi
  3. Menunjang kreatifitas melalui bacaan di perpustakaan.
About these ads

About anandaamin

usaha berdo'a dan tawakal memberi dan tdk mengharap menerima

Posted on Juni 5, 2012, in bidang - bidang manajemen layanan khusus, layanan perpustakaan sekolah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: